Supplier Sayuran Bekasi

Supplier Sayuran Bekasi – Sayuran menjadi salah satu bahan makanan yang perlu diperhatikan mengenai cara penyimpanannya. Hal ini karena sayur bisa cepat membusuk dan tidak bisa digunakan dengan baik jika tidak disimpan dengan cara yang baik juga.

Supplier Sayuran Bekasi

Bahkan ada jenis sayuran tertentu yang memiliki masa kadaluwarsa atau batas berapa lama sayuran tersebut masih bagus untuk digunakan atau tidak. Oleh karenanya, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan jenis sayuran tertentu dalam kulkas dengan cara yang baik dan agar bertahan lama.

Cara Menyimpan Sayuran yang Benar agar Tetap Segar

  • Menyimpan menggunakan wadah

Kebanyakan orang akan secara langsung memasukkan sayuran ke dalam kulkas. Bahkan ada juga yang secara langsung tanpa membuang plastik pembungkusnya. Hal ini tentu saja membuat tampilan dari kulkas Anda menjadi kurang menarik dan malah berantakan. Untuk itu solusinya bisa menggunakan wadah. Namun hanya jenis sayuran dengan batang yang keras seperti wortel atau brokoli yang bisa Anda masukkan ke dalam wadah.

Pertama adalah dengan mencuci terlebih dulu brokoli dan wortel tersebut. kemudian potong atau kupas bagian yang akan digunakan. pilihlah jenis wadah yang bisa kedap udara dan memiliki jenis penutup yang rapat. Letakkan dalam kulkas namun lebih baik menggunakan bagian freezer.

  • Tidak semua sayuran

Perlu diingat juga bahwa tidak semua jenis sayuran akan cocok atau bagus jika dimasukkan ke dalam kulkas. Ada juga jenis sayuran yang justru lebih baik disimpan di ruangan terbuka. Beberapa jenis sayuran tersebut seperti tomat. Hal ini dikarenakan udara dingin dari kulkas justru akan menghambat proses pematangan tomat.

Juga untuk daun kemangi sebaiknya disimpan di luar ruangan saja karena akan lebih cepat layu. Untuk kentang bisa Anda simpan dalam tempat yang gelap dan juga dingin. Tujuannya agar zat tepung yang ada di dalamnya bisa tetap terjaga. Dengan begitu sayuran yang Anda dapatkan dari supplier sayuran Bekasi online akan tetap segar dan berkualitas.

  • Menata sesuai dengan jenisnya

Biasanya rak ada yang ada pada kulkas memiliki 3 sampai 4 jumlahnya, jadi gunakan dengan baik semua rak tersebut. Anda bisa menggunakan semua rak tersebut dengan menyusun sayuran yang sesuai dengan jenisnya.

Contohnya seperti menggunakan rak paling bawah untuk diisi sayuran dengan daun hijau seperti sawi, bayam, kangkung, dan lainnya. Suhu di bagian paling bawah rak kulkas biasanya memiliki suhu yang paling stabil sehingga akan lebih aman untuk sayuran yang bisa cepat busuk.

Untuk rak di bagian tengah bisa Anda isi dengan sayuran yang memiliki kadar air rendah. Seperti buncis, wortel, kol, dan kacang panjang. Sedangkan di rak yang paling atas bisa diisi dengan sayuran yang memiliki kadar air paling tinggi. seperti mentimun, terong, paprika dan cabai. Cara ini bisa Anda lakukan agar lebih mudah untuk mengeceknya.

  • Memeriksa kualitas dan kondisi sayur secara rutin

Walaupun sayuran sudah disimpan di dalam lemari es, namun bukan berarti sayuran tersebut akan bertahan dengan lama. Hal ini karena sayuran sebaiknya tidak disimpan dalam waktu yang lama, yaitu maksimal hanya 3 hari saja.

Penting untuk memastikan atau mengecek secara rutin keadaan sayuran di dalam kulkas Anda. Buang beberapa bagian dari sayuran yang membusuk, lembek, menguning, layu dan lainnya yang menyebabkan sayuran sudah tidak lagi segar. Selain itu hal ini juga berguna agar sayuran yang membusuk tidak akan mengontaminasi sayuran yang lainnya.

  • Mengecek suhu kulkas

Cara selanjutnya untuk menjaga sayuran dari supplier sayuran Bekasi terbaik selanjutnya adalah dengan mengecek keadaan suhunya. Suhu yang bagus untuk sayuran bisa di antara 1 sampai 4 derajat Celsius.

Jika suhunya terlalu tinggi, maka bakteri pada sayuran tersebut akan lebih cepat berkembang. Akibatnya sayuran juga akan lebih cepat membusuk dan berubah menjadi tidak sedap aromanya. Untuk itu Anda bisa mengecek suhu dari kulkas apakah masih sama dan stabil untuk mempertahankan kesegaran sayuran.

  • Menyimpannya dalam bentuk utuh

Terkadang beberapa orang memilih untuk memotong sayuran menjadi lebih kecil agar muat dan tidak terlalu memenuhi kulkas. Padahal hal ini justru bisa membuat sayuran menjadi lebih cepat busuk.

Sayuran hendaknya tetap disimpan dalam keadaan yang utuh tanpa perlu dipotong menjadi bagian kecil. Sayuran yang sudah Anda potong akan lebih cepat kering dan lebih sulit untuk digunakan atau diolah kembali. Jika Anda memang ingin memotongnya, lebih baik memotong bagian akarnya saja agar tetap bersih saat disimpan di dalam kulkas.

  • Memisahkan antara sayuran dan buah-buahan

Buah dan juga sayuran akan lebih baik jika dipisahkan jika Anda hendak menyimpannya di dalam lemari pendingin. Hal ini dikarenakan buah akan menghasilkan zat etilen dimana zat ini akan mempengaruhi pematangan makanan segar lainnya lebih cepat. Dalam kata lain sayuran yang bercampur dengan buah-buahan akan lebih cepat membusuk karena lebih cepat matang.

Jika Anda ingin agar sayuran tersebut bisa bertahan lebih lama dan tidak cepat membusuk, maka lebih baik memisahkan sayuran dan buah-buahan. Letakkan sayuran dalam satu rak tertentu atau rak yang khusus untuk sayuran. Pisahkan juga dari bawang-bawangan.

  • Membungkusnya

Menyimpan sayuran agar bisa bertahan dengan lama adalah dengan menyimpannya dalam wadah yang tertutup. Jika Anda tidak memiliki wadah tersebut maka bisa menggunakan kertas atau plastik yang berlubang. Kertas akan membantu agar sayuran tidak terlalu banyak menyerap suhu dingin dari kulkas. Sedangkan untuk plastik berlubang akan membantu memberi aliran udara.

Namun perhatikan dengan jamur dimana akan lebih mudah lembap dan busuk sehingga lebih baik dibungkus menggunakan kertas saja. Biasanya ketika Anda membeli sayuran pada supplier sayuran Bekasi murah, maka mereka akan mengirimkan sayuran tersebut dalam bentuk yang sudah terbungkus. Jika dalam bentuk plastik maka Anda tinggal melubangi beberapa bagiannya sebagai aliran udara.

  • Bersihkan dan keringkan sayuran

Pada saat Anda selesai membeli sayuran dari supplier lebih baik bersihkan kembali sayuran tersebut. walaupun sayuran yang mereka berikan sudah bersih, tidak ada salahnya jika Anda membersihkan kembali. Bersihkan menggunakan sabun dan air mengalir. Setelah itu keringkan sayuran menggunakan lap kering. Tujuannya agar sayuran tersebut tidak mudah membusuk karena masih ada sisa air yang membuatnya lembap.

  • Memilah sayuran

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa tidak semua sayuran bisa disimpan ke dalam kulkas. Bahkan ada juga yang tidak boleh disatukan dengan jenis sayuran yang lainnya. Untuk itu setelah Anda mendapatkan sayuran dari supplier sayuran Bekasi, lebih baik untuk segera membersihkannya dan memilah sayuran tersebut.

Pilah sesuai dengan jenis sayuran mana yang memiliki kadar air tinggi atau rendah. Pilah juga apakah ada sayuran yang menguning daunnya atau yang lembek sehingga Anda bisa membuangnya. Tujuannya agar sayuran tidak mudah busuk dan lebih tahan lama.

Supplier Sayuran Bekasi Online Terbaik

Jika Anda ingin beli sayuran dan buah segar tanpa perlu pergi ke luar, apalagi di masa Covid-19 ini, maka Anda bisa hubungi kami di (021)-85523338 / +6281288120723 atau email ke info@gudangmayur.co.id.

Goedang Mayoer adalah supplier sayuran Bekasi yang mengirimkan sayuran dan buah segar dari para mitra petani berkualitas. Saat ini kami tidak hanya mengirimkan sayuran dan buah ke Bekasi, namun juga area lain seperti Jakarta, Bogor, Depok dan Tangerang.

Leave a Comment

×