Pabrik Sambal di Indonesia

Pabrik Sambal di Indonesia

Pabrik Sambal di Indonesia – Sambal di Indonesia sudah menjadi ciri khas tersendiri sebagai pendamping di waktu makan atau campuran masakan. Saat ini sambal banyak yang dijual dalam kemasan. Bahkan jenisnya juga bisa berbeda-beda, dari sambal bawang, sambal Matah, sambal ijo, sambal terasi, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia pun ada banyak pabrik sambal yang menawarkan berbagai macam brand sambal dalam kemasan. Salah satunya termasuk Goedang Mayoer yang menawarkan produk-produk sambal siap cocol.

Pabrik Sambal di Indonesia

Produk Pabrik Sambal di Indonesia dari Goedang Mayoer

Goedang Mayoer adalah pabrik atau produsen penyediaan berbagai macam sayuran, rempah, bumbu, buah segar dan sebagainya. Goedang Mayoer juga menyediakan banyak sambal dalam kemasan yang bermacam-macam. Berikut produk sambal yang tersedia:

  • Ikan teri sambal merah
  • Ikan tongkol sambal hijau
  • Ikan teri sambal hijau
  • Jengkol sambal hijau
  • Ikan tongkol sambal merah
  • Jengkol sambal merah
  • Layang asap sambal merah
  • Pari asap sambal hijau
  • Layang asap sambal hijau
  • Sambal bawang
  • Sambal Cakalang asap merah
  • Pete sambal hijau
  • Sambal matah
  • Sambal korek
  • Sambal pari asap merah
  • Sambal penyet

Anda bisa mendapatkan berbagai produk sambal tersebut dengan menghubungi CS Goedang Mayoer. Anda bisa memesan delivery order ke CS kami paling tidak H-1 dengan kontak (021)-85523338 atau email ke info@gudangmayur.co.id.

Cara Membuat Sambal agar Lebih Awet dan Tidak Mudah Basi

Bagi Anda yang tertarik membuat sambal, biasanya sambal yang tidak beli dari kemasan akan lebih mudah basi. Untuk pabrik sambal di Indonesia online, ada proses tersendiri yang dilakukan agar sambal bisa awet. Lalu bagaimana sebaiknya sambal dibuat supaya lebih bertahan lama, berikut contohnya:

  • Pastikan segala macam peralatan membuat sambal bersih dan higienis

Saat membuat sambal sering dibutuhkan alat seperti uleg untuk menghaluskan, wajan untuk menumis/ menggoreng, dan sebagainya. Nah, pastikan peralatan-peralatan tersebut dalam keadaan sudah bersih dan higienis. Jangan sampai peralatan tersebut ada sisa-sisa kotoran yang masih menempel karena bisa membuat sambal terkontaminasi dan cepat basi.

  • Bahan sambal bisa digoreng/ disangrai terlebih dahulu

Kalau Anda perlu membuat sambal dengan bahan-bahan tertentu, misalnya pete, tomat, cabai, bawang dan sebagainya maka bisa digoreng/ disangrai terlebih dahulu. Sebelum dihaluskan memang ada baiknya menggoreng bahan itu karena bisa lebih awet dan menghilangkan bau langu.

Kecuali Anda membuat sambal harus dengan bahan-bahan yang masih segar, contohnya seperti sambal matah. Karena sambal ini terbuat dari bahan-bahan masih segar seperti potongan bawang dan cabai segar diberi air jeruk nipis atau limau.

  • Sambal harus benar-benar matang

Sambal yang kurang matang sempurna biasanya lebih cepat basi. Karena itu amat penting untuk memastikan bahwa sambal yang disiapkan sudah benar-benar matang. Untuk ciri sambal yang matang yaitu warnanya berubah, beraroma harum dan minyak sudah keluar serta terpisah dari bahan baku.

  • Tumislah atau goreng sambal sampai keluar minyak

Sama seperti penjelasan di atas, sebaiknya bahan-bahan sambal seperti cabai, bawang, dan sebagainya ditumis hingga keluar minyak. Sambal bisa dihaluskan terlebih dahulu lalu ditumis sampai bahan tersebut keluar minyak. Tumislah dengan api kecil sekitar 7-10 menit saja.

  • Setelah ditumis, sambal didiamkan terlebih dahulu

Saat sambal sudah matang, sebaiknya jangan langsung ditaruh ke dalam wadah. Anda harus menunggu sampai sambalnya dingin baru kemudian dipindahkan ke dalam wadah. Pastikan juga wadah yang dipakai untuk menyimpan sambal adalah wadah yang bersih. Agar sambal tetap awet juga pastikan wadah memiki tutup yang rapat.

Itulah beberapa tips dalam membuat sambal supaya lebih awet. Biasanya sambal bisa awet beberapa minggu hingga beberapa bulan tanpa bahan pengawet. Namun jika Anda ingin sambal yang dapat awet bahkan sampai setahunan lebih, bisa beli produk pabrik sambal di Indonesia berkualitas.

Rekomendasi Berbagai Sambal di Tanah Air

Di berbagai daerah di Indonesia, ada banyak jenis sambal dengan ciri khas dari daerah itu sendiri. Sambal-sambal ini pun sudah banyak diperjual belikan di seluruh tanah air. Tidak hanya yang pedas rasanya, ada juga yang asin, manis hingga sedikit kecut.

Berikut ini beberapa rekomendasi berbagai macam sambal yang hadir di tanah air:

  • Sambal bawang: Sambal bawang mungkin menjadi sambal yang paling populer di tanah air. Sambal ini terbuat dari bawang merah, bawang putih serta cabai. Sambal ini sangat simpel pembuatannya dan paling enak dinikmati dengan nasi hangat serta lauk olahan daging atau ayam.
  • Sambal bajak: Bagi yang kurang menyukai sambal yang terlalu pedas, Anda bisa mencoba membuat sambal satu ini. Bahan-bahannya seperti cabai rawit, cabai merah keriting, tomat merah, terasi, bawang merah dan bawang putih. Semua bahan dicampur dan diuleg sampai halus.
  • Sambal tempoyak: Sambal ini terbilang unik karena dibuat dari fermentasi durian dan tempoyak sehingga cita rasanya pun unik. Bahan-bahan untuk membuat sambal ini seperti cabai merah, cabai rawit, ikan teri, gula, garam, belipis, ikan teri, kunyit dan tempoyak. Semua bahan dicampur dan diuleg sampai halus.

Tips Beli Sambal di Pabrik Indonesia

Jika Anda tertarik membeli produk sambal di pabrik sambal di Indonesia Jadetabek, maka berikut ini tipsnya:

  • Perhatikan bahan-bahan pembuatnya

Sambal terbuat dari berbagai macam bahan mulai dari bawang, cabai, minyak, dan lainnya. Bahkan sekarang sambal terbuat dari bahan-bahan yang semakin kreatif. Contohnya seperti pete, durian, tomat, ikan, cumi, dll. Namun sebaiknya beli sambal yang bebas pengawet, MSG dan bahan kimia lainnya.

  • Pilih level kepedasan yang sesuai dengan Anda

Sambal memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda, bahkan ada yang sengaja diberi level kepedasan tertentu. Maka, sebelum beli sambal pastikan tingkat kepedasannya memang sesuai dengan lidah Anda.

Contohnya seperti Anda yang suka sambal amat pedas bisa membeli sambal cabai rawit. Namun bagi yang tidak terlalu menyukai level pedas yang tinggi, bisa memilih sambal tomat, sambal cabai merah besar biasa, dll.

  • Cek tanggal kadaluwarsanya

Selalu cek tanggal kadaluwarsa dalam kemasan sambal ketika Anda hendak beli. Pabrik sambal biasanya mencantumkan tanggal tersebut dalam badan kemasan. Rata-rata sambal dalam kemasan produksi rumahan bisa bertahan paling lama 3 bulan. Itupun juga tergantung cara Anda menyimpannya.

Namun, untuk sambal yang dibuat oleh pabrik sambal di Indonesia murah, bisa tahan sampai setahunan bahkan lebih. Kalau Anda simpan di freezer dapat bertahan lebih lama lagi dibandingkan sambal yang disimpan di suhu ruangan.

  • Perhatikan kondisi kemasannya

Saat membeli sambal dalam kemasan botol, pouch, kantong plastik, dll selalu perhatikan kondisi kemasannya. Jangan membeli sambal dalam kemasan yang sudah rusak seperti bocor, penyok, tutupnya rusak, dll. Karena sambal bisa saja sudah terkontaminasi dan mudah rusak.

Itulah beberapa tips saat ingin beli sambal produk pabrik sambal di Indonesia. Semoga bermanfaat.

5/5 - (6 votes)

Leave a Comment

×