Distributor Sayur Mayur

Distributor Sayur Mayur – Sayuran hijau yang satu ini termasuk dalam jenis sayuran air karena tumbuhnya banyak di daerah sawah atau rawa dan bergantung dengan air. Itulah yang juga menyebabkan kangkung bisa sangat kotor, bahkan pada bagian dalam batangnya bisa dijadikan tempat untuk bersembunyi telur hewan.

Oleh karenanya sebelum Anda olah menjadi berbagai macam jenis hidangan, kangkung perlu Anda bersihkan dengan baik. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam memilih hingga mengolah sayuran kangkung tersebut.

Distributor Sayur Mayur

Tips Memilih, Membersihkan dan Mengolah Kangkung

  • Memilih kangkung

Dalam memilih kangkung, pilihlah yang memiliki banyak daun dengan warna hijau yang segar dan tidak memiliki banyak warna kuning. Hal ini karena jika sudah terlalu banyak daun yang berwarna kuning maka kemungkinan kangkung tersebut sudah dipetik dalam jangka waktu yang cukup lama.

Akan tetapi Anda juga perlu mengetahui bahwa ada beberapa jenis sayur kangkung yang bisa Anda gunakan seperti:

  • Kangkung air:

Jenis kangkung yang pertama adalah kangkung air. Kangkung ini hidupnya atau tumbuhnya akan secara menjalar di atas permukaan air. Ciri-cirinya adalah bagian ruas-ruas batangnya akan lebih pendek dan juga warna dari batangnya berwarna hijau kecokelatan.

Untuk tekstur batangnya akan lebih keras dan sedikit alot. Dikarenakan teksturnya yang keras tersebut, maka kangkung ini juga perlu dimasak dengan waktu yang lebih lama.

  • Kangkung darat

Jenis kangkung yang terakhir adalah kangkung darat. Kangkung darat ini media untuk penanamannya adalah menggunakan tanah biasa atau tidak terendam dengan air. Ukuran batangnya akan lebih tinggi ke atas dan lebih berwarna hijau dengan rongga yang besar.

Sementara itu untuk bentuk daunnya sendiri lebih langsing dan runcing. Berbeda dengan kangkung air, kangkung darat memiliki tekstur batangnya yang lebih renyah dan daunnya lebih lembut ketika diolah.

Kebanyakan jenis kangkung ini akan diolah menjadi tumisan karena untuk pengolahannya juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Jenis kangkung inilah yang juga lebih banyak dipesan pada distributor sayur mayur online.

  • Membersihkan kangkung

Selanjutnya adalah mengenai cara untuk membersihkan kangkung. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka ikatan kangkung dan bersihkan dari sisa rumput yang mengikatnya tadi. Perlu diketahui untuk tidak perlu menyiangi kangkung dengan langsung memotongnya tanpa dibuka terlebih dulu.

Hal ini bertujuan agar tidak ada tumbuhan atau kotoran lain yang bisa masuk ke dalam masakan Anda. Ambil satu persatu kangkung dan petik setiap ruasnya. Setelah itu belah bagian batangnya menjadi dua untuk memastikan tidak ada kotoran di dalamnya. Untuk batang kangkung yang sudah mengeras, Anda tidak perlu menggunakannya lagi.

  • Membersihkan kangkung

Tips yang selanjutnya adalah bagaimana cara untuk membersihkan kangkung. Pertama setelah kangkung sudah Anda potong maka cuci kangkung tersebut. gunakan wadah yang berlubang agar kotorannya bisa langsung hilang.

Selain itu juga bertujuan agar sisa kotoran yang masih ada bisa segera larut. Gunakan air yang mengalir untuk membersihkannya agar kotoran bisa semakin mudah untuk hanyut. Hindari untuk menggunakan wadah yang tidak berlubang dan mengisinya dengan air hingga menggenang. Hal ini bisa membuat kotoran yang ada pada kangkung menjadi sulit untuk hilang dan bisa saja menempel kembali.

  • Mengolah kangkung

Tahap yang terakhir adalah cara untuk mengolah kangkung. Ketika Anda hendak mengolah kangkung, pastikan Anda sudah memilih jenis kangkung yang memang sesuai dengan jenis sajian tersebut. misalnya seperti ketika Anda ingin membuat hidangan tumisan, maka kangkung darat akan lebih cocok karena prosesnya yang lebih cepat.

Sedangkan jika Anda ingin membuat sajian berupa pecel atau rujak kangkung, lebih baik menggunakan kangkung air karena perlu Anda rebus dengan waktu yang cukup lama.

Berbagai Macam Sajian Kangkung yang Nikmat

Kangkung dari distributor sayur mayur terbaik memang banyak digunakan untuk diolah menjadi sajian seperti tumisan. Hal ini karena caranya yang mudah dan rasanya yang enak. Namun selain digunakan untuk olahan tumisan, kangkung juga bisa Anda gunakan untuk berbagai macam jenis hidangan yang lainnya juga.

Berikut adalah beberapa jenis sajian menggunakan bahan sayur kangkung yang mungkin akan bermanfaat untuk Anda:

  • Plecing kangkung

Hidangan menggunakan sayur kangkung yang pertama bisa Anda coba adalah plecing kangkung. Hidangan yang satu ini merupakan hidangan khas dari Lombok. Cara untuk membuatnya juga termasuk sangat mudah.

Anda hanya perlu mengukus kangkung hingga matang dan tata di atas piring. Kemudian untuk menambahkan cita rasanya bisa menggunakan sambal yang disiram di atasnya. Untuk membuat sambalnya bisa terdiri dari cabai rawit, tomat, terasi, jeruk nipis dan garam.

Rasa dari hidangan ini yang asam, pedas dan juga segar bisa menjadi sajian yang cocok dimakan dengan nasi hangat.

  • Mie kangkung ayam

Hidangan selanjutnya yang bisa Anda coba dengan sayur kangkung adalah mie kangkung ayam. Biasanya mie ayam akan menggunakan jenis sayuran seperti bayam atau sawi, namun Anda juga bisa menggunakan sayur kangkung.

Cara untuk membuatnya juga termasuk mudah. Anda tinggal memasak kangkung menggunakan air yang mendidih hingga matang dan diamkan selama sekitar 30 detik hingga warnanya berubah. Kemudian tata mie yang sudah matang, ayam tumis, kangkung dan taburan daun bawang. Jangan lupa untuk menyiramnya dengan kuah untuk menambah cita rasanya yang gurih.

  • Kangkung saus tiram

Salah satu olahan yang cukup favorit adalah sayur kangkung dari distributor sayur mayur murah yang diolah menjadi tumisan saus tiram. Kangkung yang renyah akan berpadu dengan bumbu dengan cita rasa yang gurih dan pedas.

Caranya Anda perlu menumis terlebih dulu semua bumbu halusnya sampai harum. Kemudian masukkan saus tiram, tomat, gula, garam dan kecap manis dan aduk sampai rata. Terakhir masukkan air secukupnya dan kangkung. Masak hingga kangkung tersebut matang atau layu.

  • Tumis kangkung tauco

Bumbu tauco ternyata juga tidak kalah nikmat jika diolah untuk tumisan kangkung. Terutama karena cita rasanya yang khas. Beberapa bahan atau bumbu yang Anda butuhkan seperti bawang putih, bawang merah, cabai, lengkuas, bawang bombay, ebi, dan juga daun salam yang ditumis hingga harum.

Untuk menambah cita rasanya, Anda bisa menambahkan merica, garam, kecap, tauco, saus tiram. Selanjutnya tambahkan air dan aduk sampai merata. Tunggu sampai air tersebut mendidih atau sampai kangkungnya matang dan sajikan. Hidangan ini akan sangat cocok bila Anda sajikan dengan nasi hangat.

  • Kangkung belacan

Belacan adalah sebutan terasi bagi masyarakat Melayu. Hidangan berupa kangkung belacan ini akan sangat cocok untuk Anda yang menyukai masakan dengan tambahan terasi. Hal ini karena adanya aroma dan juga rasa khasnya dari rebon.

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menumis bumbunya dan terasi yang sudah dihaluskan. Tambahkan juga daun salam untuk menambah aroma harumnya. Untuk rasa gurihnya masukkan gula dan air. Aduk sampai bumbu tercampur dan masukkan kangkung. Masak kangkung tersebut sampai berubah menjadi lebih layu.

Distributor Sayur Mayur Segar Online

Jika Anda ingin beli sayur mayur yang dijamin segar maka Anda bisa beli di Goedang Mayoer. Kami adalah distributor atau supplier sayuran dan buah-buahan yang menyediakan produk dari para petani Indonesia berkualitas langsung ke meja Anda para konsumen.

Jika tertarik ingin beli di Goedang Mayoer, bisa pesan H-1 ke (021)-85523338 / +6281288120723 atau email ke info@gudangmayur.co.id. Distributor sayur mayur kami akan langsung kirimkan lewat layanan pesan antar.

Leave a Comment

×