Cara Menjadi Distributor Sayur

Cara Menjadi Distributor Sayur

Cara Menjadi Distributor Sayur – Akhir-akhir ini bisnis sayuran online memang sedang sangat berkembang. Hal ini juga karena sayuran adalah jenis bahan makanan yang sudah pasti banyak dikonsumsi orang dan banyak dicari.

Selain itu juga karena pandemi dimana butuh asupan untuk mengonsumsi makanan yang sehat namun tanpa perlu keluar rumah secara langsung dan membelinya. Hal ini yang menyebabkan bisnis untuk menjadi distributor sayuran secara online cukup menjanjikan dan banyak diminati.

Cara Menjadi Distributor Sayur

Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika Anda juga ingin menjadi distributor sayur online. Berikut adalah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan.

Tips atau Cara Menjadi Distributor Sayur 

  • Jangan cepat menyerah

Cara pertama yang juga penting adalah jangan cepat mudah menyerah. Hal ini berlaku untuk Anda yang sedang memulai sebuah bisnis baru. Ketika membangun sebuah bisnis, memang butuh proses yang cukup panjang.

Jika Anda termasuk dalam orang yang mudah menyerah, maka sebaiknya jangan memaksakan diri juga untuk membangun sebuah usaha. Hal ini justru akan membuang banyak waktu, modal dan juga tenaga Anda Untuk itu pastikan terlebih dulu apakah Anda benar-benar yakin untuk membuat atau membangun sebuah usaha tersebut atau tidak.

  • Menyediakan ruangan di kulkas sebagai stok sayuran

Cara menjadi distributor sayur online yang selanjutnya adalah dengan membuat atau memberikan ruangan tersendiri di kulkas. Bahkan jika bisa Anda juga menggunakan kulkas yang khusus untuk menyimpan sayuran tersebut. Hindari untuk menggunakan tempat yang sama untuk menyimpan sayuran dengan bahan makanan yang lainnya.

Jangan lupa juga untuk mengecek suhu dari kulkas tersebut. Tujuannya agar sayuran tersebut bisa tetap terjaga dan juga tidak mudah layu atau busuk. Dengan begitu Anda bisa memberikan sayuran dengan kondisi yang terbaik untuk konsumen Anda.

  • Menentukan modal dan keuntungan

Selanjutnya yang juga penting adalah tentukan mengenai modal yang akan Anda gunakan. Hal ini akan membantu untuk menentukan berapa jumlah sayuran akan Anda simpan atau produksi. Setelah itu Anda bisa menghitung keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Namun ketika Anda memulai sebuah usaha, maka lebih baik Anda tidak terlalu memperhitungkan mengenai keuntungan yang besar.

  • Mencari penyuplai dengan harga yang terjangkau

Jika Anda belum yakin untuk menanam berbagai macam jenis sayuran sendiri, maka lebih baik jika Anda menjadi reseller sayuran saja. Anda bisa mencari penyuplai yang menawarkan harga yang terjangkau namun tetap berkualitas.

Selain itu juga pastikan jika Anda memilih yang bisa memberikan dari tangan pertama agar harganya tidak terlalu tinggi. Akan tetapi pastikan juga jangan tergiur dengan harganya yang murah, bandingkan juga dengan kualitas yang diberikan.

  • Menggunakan metode pre-order

Untuk Anda yang baru saja memulai bisnis maka Anda lebih baik menggunakan metode pre-order. Tujuannya untuk membantu agar sayuran tidak mudah busuk. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pre-order tersebut bisa sekitar 30 hari.

Dengan menggunakan metode ini maka sayuran yang Anda kirim pada pelanggan akan lebih baik dan juga lebih segar. Sehingga secara tidak langsung juga tidak akan mengecewakan pelanggan Anda.

  • Menentukan jenis sayuran

Kemudian cara menjadi distributor sayur terbaik yang terakhir adalah memilih jenis sayuran yang akan Anda buat. Ada berbagai macam jenis sayuran yang bisa Anda jual atau jadikan usaha. Lebih baik jika Anda memilih jenis sayuran yang memang banyak dipilih atau dikonsumsi oleh banyak orang.

Beberapa jenis sayuran di antaranya yang bisa Anda pilih seperti sawi, wortel, bayam, jagung, kangkung dan juga tomat. Jenis sayuran tersebut termasuk dalam yang banyak dicari orang Indonesia dan juga mudah untuk ditemukan dan dibudidayakan.

Cara Mempromosikan dan Menjual

Ketika Anda sudah menentukan untuk membuat atau membangun bisnis menjadi distributor sayuran online maka hal selanjutnya yang penting adalah bagaimana cara untuk menjual dan mempromosikannya.

Dalam sebuah usaha marketing adalah hal yang penting guna membantu kemajuan dari usaha Anda. Selain itu juga membantu agar bisnis Anda bisa semakin dikenal banyak orang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  • Membuka toko di e-commerce

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka toko di e-commerce atau marketplace. Kebanyakan orang akan lebih percaya untuk membeli sesuatu melalui e-commerce. Selain itu untuk keadaan seperti ini juga akan lebih memudahkan konsumen ketika berbelanja.

Proses pre-order juga akan lebih tertata dengan baik dan jelas sehingga Anda juga tidak perlu bingung mengaturnya sendiri. dengan menggunakan e-commerce juga ada banyak promo atau diskon menarik. Hal ini tentu saja akan lebih menjadi cara yang bagus untuk menarik perhatian penonton.

  • Promosi pada tetangga, teman dan juga keluarga

Cara menjadi distributor sayur murah selanjutnya adalah dengan melakukan promosi. Hal ini sangatlah penting untuk membantu usaha Anda bisa lebih berkembang. Jika usaha Anda masih baru mulai berkembang, maka bisa mencoba untuk mempromosikan atau mengenalkannya pada orang terdekat terlebih dulu.

Misalnya pada keluarga, teman atau tetangga. Dengan begitu setidaknya usaha Anda akan lebih berkembang.

  • Membuat akun sosial media

Saat ini memang sangat penting untuk membuat sosial media untuk semua jenis usaha Anda. Hal ini bertujuan agar bisnis Anda bisa lebih banyak dikenal orang. Penggunaan sosial media juga akan lebih mudah untuk dijangkau oleh masyarakat. Bahkan terkadang orang-orang akan lebih memilih untuk membeli sebuah barang yang sudah memiliki sosial media sendiri.

Ada berbagai macam jenis platform media sosial yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan sayuran atau bisnis Anda sendiri. Namun jangan lupa juga untuk memberikan caption yang menarik untuk menggugah konsumen agar membeli sayuran.

  • Menggunakan layanan pengantaran

Selanjutnya adalah menggunakan layanan pelayanan yang berkualitas. Dikarenakan bisnis sayuran Anda tersebut memiliki sistem online, maka perlu ada jasa pengantaran untuk mengantarkan sayuran tersebut pada konsumen. Gunakan jenis pengantaran yang memang berkualitas.

Tujuannya agar sayuran Anda tersebut juga bisa tetap sampai dengan baik, segar dan berkualitas. Jangan lupa juga Anda mengemas sayuran tersebut dengan baik agar bisa diantarkan dengan aman.

Saat ini sudah banyak sekali usaha yang berkembang seperti usaha untuk distributor sayuran secara online. Usaha ini termasuk jenis usaha yang banyak diminati dan juga dicari karena masih banyak orang yang membutuhkan sayuran untuk dikonsumsi.

Selain itu juga dimasa pandemi seperti pandemi ini akan memungkinkan untuk orang lebih memilih berbelanja secara online guna lebih aman. Itulah mengapa banyak juga yang mulai membuka usaha sebagai distributor sayuran secara online.

Demikianlah cara menjadi distributor sayur handal. Contohnya seperti Goedang Mayoer yang menyediakan layanan pesan antar dimana konsumen dapat memesan produk sayuran dan buah secara online. Anda pun bisa memesan produk sayur dan buah Goedang Mayoer di (021)-85523338 / +6281288120723 atau email ke info@gudangmayur.co.id.

5/5 - (6 votes)

2 Comments

  1. ADI Januari 3, 2022

Leave a Comment

×